Beberapa Fawaid Tentang Murottal

Beberapa Fawaid Tentang Murottal

Mendengarkan Murottal Dari Kaset Apakah Mendapatkan Pahala?

Asy Syeikh Bin Baaz rohimahullah:

Mendengar Al Qur’an pahalanya besar. Sama saja mendengar dari kaset/rekaman atau mendengar langsung dari orang yang membacanya.

Kemudian beliau rohimahullah berkata:

Kami mewasiatkan kepada semua untuk mendengarkan Al Qur’an dari kaset rekaman dari sebagian para ahlul ilmi atau dari qori’-qori’ yang baik.

http://www.binbaz.org.sa/node/19452

Sumber: https://t.me/berbagiilmuagama/2225

Apakah Syaithon Akan Lari Dari Rumah Yang Dibacakan Surah Al baqoroh Dari Kaset Rekaman?

Asy Syeikh Bin Baaz rohimahullah:

Yang nampak adalah wallahu a’lam apa yang disebutkan Nabi Shollallahu alaihi wa sallam bahwa syaithon akan lari dari rumah ketika dibacakan surat Al Baqoroh ini berlaku baik secara langsung dari qiroah seseorang atau dari rekaman murottal.

Tetapi larinya syaithon tidak mengharuskan syaithon tidak kembali setelah berhentinya qiroah surat Al Baqoroh tersebut.

Sebagaimana syaithon lari ketika dikumandangkan adzan dan iqomah, kemudian dia kembali sampai membisikkan kepada seseorang didalam hatinya didalam sholatnya.

Majmu’ Fatawa Ibnu Baaz 24/413

Sumber: https://t.me/berbagiilmuagama/2224

Bolehkah Bagi Para Ibu Rumah Tannga Memutar Murottal Sambil Mengerjakan Pekerjaan Rumah?

Asy Syeikh Abdul Aziz Bin Baaz pernah ditanya tentang seorang ibu yang mengerjakan pekerjaan rumah sambil memutar murottal?

Beliau rohimahullah menjawab: Tidak mengapa pada keadaan yang seperti itu, hal ini padanya patut disyukuri dan dia mendapatkan pahala ketika dia mendengar murottal itu semampunya, ini baik, karena mendengar Al Qur’an semuanya adalah baik, jika dia menghidupkan murottal itu dan dia sambil mendengarkannya, kemudian disamping itu dia sambil melakukan pekerjaan rumahnya maka dia MENGUMPULKAN DUA KEMASLAHATAN, dan ini tidak mengapa.

https://www.binbaz.org.sa/node/19525

Sumber: https://t.me/berbagiilmuagama/2226

Bolehkah Bicara Disaat Murottal Diputar?

Asy Syeikh Muhammad Bin Sholih Al Utsaimin:

Allah ta’ala berfirman: (“Apabila dibacakan Al Qur’an maka dengarkanlah dan diamlah semoga kalian dirahmati”) Surat Al A’rof :204.

Apabila ada suara qori’ (melantunkan Al Qur’an) dari rekaman murottal dan kita sedang berbicara, maka kita harus mematikan rekaman murottal ini atau kita mendengarkannya.

Adapun kalau kita tetap bersenda gurau dan tetap berbicara seakan akan kita tidak mendengar suara kecuali suara manusia maka ini adalah bentuk TIDAK BERADAB DENGAN AL QUR’AN, sehingga aku katakan:engkau matikan rekaman murottal itu atau engkau mendengarkannya.

Liqo’ Babil Maftuh 11/6.

Sumber: https://t.me/berbagiilmuagama/2227

Mendengar Murotal Al Qur’an Sampai Tertidur

Bismillah ana mau tanya “apa hukumnya mendengarkan murotal Al Quran sambil tiduran sampai tertidur rekamanya terus bersuara pendengarnya tertidur” atas perhatian & jawaban yg diberikan ana ucapkan jazakumullahu khairan

Bismillah. Hukum asal mendengarkan tilawah al Quran adalah boleh dengan segala kondisi; baik sambil berdiri, duduk maupun berbaring, karena mendengarkan tilawah al Quran adalah ibadah jika diniatkan dengan nya mencari pahala dari Nya. Hal berdasarkan firmanNya:

(الَّذِينَ يَسْتَمِعُونَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُونَ أَحْسَنَهُ ۚ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ هَدَاهُمُ اللَّهُ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمْ أُولُو الْأَلْبَابِ)

“Orang-orang  yang mendengarkan perkataan kemudian mereka mengikuti yang terbaiknya, mereka itulah orang-orang yang telah Alloh beri petunjuk, dan mereka itulah orang-orang yang memiliki akal”. [Qs. Az-zumar: 18]

Dan tentulah sebaik-baik perkataan adalah firmanNya. Maka ketika mereka mendapatkan pujian, berarti mendengarkannya karena Alloh adalah ibadah.

Adapun org yg mendengarkan tilawah al Quran ada beberapa keadaan:

  1. Orang yg mendengarkannya sambil mentadaburinya. Ini adalah sebaik-baik keadaan.
  2. Orang yg mendengarkannya untuk menjaga hafalannya, ini pun keadaan yang baik.
  3. Orang yang mendengarkannya namun hatinya lalai dari dzikir kepada Nya. Ini adalah seburuk-buruk keadaan.

Kelompok 1&2 merupakan kelompok yang mendapatkan pujian berdasarkan firman Alloh ta’ala:

(الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ)

[Surat Aal-E-Imran : 191]

“Orang-orang yang mengingat Alloh sambil berdiri, duduk dan berbaring serta memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata: wahai Robb kami, tidak lah ada pada penciptaan Engkau ini yang sia-sia, maka lindungi kami dari api neraka”. [Qs. Ali Imron: 191]

Sedangkan kelompok ke-3 adalah kelompok yg tercela berdasarkan firmanNya:

(مَثَلُ الَّذِينَ حُمِّلُوا التَّوْرَاةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًا ۚ بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ)

“Permisalan orang-orang yang dipikulkan kepadanya kitab taurot kemudian  mereka tidak memikulnya adalah seperti seekor keledai yang memikul lembaran-lembaran. Sungguh buruk permisalan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Alloh, dan Alloh tiada memberi hidayah kepada orang-orang yang zalim”. [Qs. Al-jumu’ah: 5]

Kesimpulan: mendengarkan tilawah al Quran adalah boleh dengan posisi yang telah disebut di atas, namun hendaknya jangan lalai dari memperhatikan kandungan dan maknanya, dan jika kita telah merasa kantuk saat mendengarnya maka hendaknya dia matikan suara tilawah tersebut sehingga kita tidak mencampakkannya atau lalai darinya. Wallohu a’lam.

(Al Ustadz Muhammad Sholehudin Hafizhahullah)

Sumber: http://forumsalafy.net/mendengar-murotal-al-quran-sampai-tertidur/

Download Rekaman Murottal

Klik link “Download” untuk mendownload seluruh surah dalam bentuk zip atau klik link judul untuk menuju halaman download per surah.

Icon

Murottal Wadee Hammadi Al-Yamani

Download Murottal Syaikh Wadee Al-Hammadi Download lantunan Murottal Wadee Hammadi...

1,599.41 MB 56 downloads
Icon

Murottal Syaikh Ali Abdurrahman Al Hudaifi 30 Juz

Download Murottal Syaikh Ali Abdurrahman Al Hudaifi 30 Juz, untuk mendownload keseluruhan...

815.46 MB 1 downloads
Icon

Murottal Syaikh As Sudais 30 Juz

Murottal Syaikh As Sudais 30 Juz Download Murottal Syaikh As Sudais 30 Juz, klik...

1,161.46 MB 0 downloads

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*